13 Agustus 2010

jaringan komputer

Apa itu jaringan komputer ? jaringan komputer adalah suatu sistem atau suatu kumpulan komputer yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jarigan lainya yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.

tujuan dari suatu jaringan komputer adalah

  • berbagi (share) sumber daya  ► printer, scanner, hardisk (data)
  • komuniksai  ►mengirim e-mail, chatting etc
  • mencari informasi ► web browsing
suatu jaringan komputer agra dapat mencapai tujuan yang sama harus ada pihak yang memberi dan menerima layanan. pihak yang memberi /mengirim adalah server dan yang menerima adalah client dan jaringan ini bisa juga di katakan jaringan client-server.


1. Fungsi Jaringan Komputer

fungsi jaringan komputer pada dasarnya adalah sebagai server (memberi) dan client (menerima), karena itu funsi dari jenis jaringan komputer ada 2 macam yaitu :

  • Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya. (sumber : wikipedia indonesia)

  • Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.(sumber : wikipedia indonesia)

2. Berdasarkan Skala (tempat)

berdasarkan skala jaringan komputer dapat di bedakan menjadi 3 yaitu
  • LAN
LAN kepanjangan dari Local Are Network, yaitu suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainya dalam satu lokal, contohnya lab komputer, warnet dan perkantoran
  • MAN
MAN kepanjangan dari Metropolitan Area Network, Yaitu suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainya dalam daerah (pada prinsipnya sama dengan LAN) tetapi jaraknya lebih luas, contohnya jaringan suatu kantor cabang kota bandung dengan kantor cabang kab.bandung
  • WAN
WAN kepanjangan dari Wide Area Network, yaitu suatu jaringan yang menhubungkan suatu jaringan suatu daerah / negara dengan daerah/negara lain, contonya jaringan negara indonesia bekerja sama dengan jaringan negara singapur dalam bidang pertahana militer

0 comments:

Posting Komentar