13 Agustus 2010

konsep dasar sebuah warnet

Konsep dasar sebuah warnet ? sebelum melanjutkannya kita perlu tahu apa itu yang namanya konsep. konsep merupakan peta perencanaan untuk masa depan sehingga bisa dijadikan pedoman dalam melangkah ke depan atau dengan kata lain yaitu dasarnya suatu perencanan yang akan datang.

jadi yang namanya konsep dasar sebuah warnet adalah suatu perencanan untuk membangun sebuah warnet yang akan di jadikan  tempat penyedia infrastruktur internet dengan mode berbagi koneksi (shared) dan perangkat akses (PC) sehingga pengguna bisa mengakses internet dengan biaya yang lebih murah. Konsep dasar inilah yang bisa dikembangkan sesuai dengan kondisi masing-masing tempat.


pengembangan  konsep dasar suatu warnet harus disesuaikan dengan karakter masing-masing tempat warnet, kenapa? karena kalau sebuah warnet tidak memiliki karakter, warnet tersebut akan mengalami sebuah masalah internal, maksudnya dalam sebuah warnet pasti memiliki faktor-faktor penting untuk menuju keberhasilan diantaranya adalah faktor pelayanan, faktor teknis, faktor manajemen, faktor sosial dan budaya. dalam menjalankan konsep dasar jangan sekali-kali kita mengurangi atau  menonjolkan salah satu faktor dan tidak memperhitungkan faktor lainya karena sudah saya katakan tadi akan mengakibatkan masalah internal dalam warnet tersebut. contohnya misalkan dalam sebuah warnet hanya menonjolkan faktor teknisi saja tetapi faktor pelayanan atau faktor lainya tidak di jalankan maka semua pelanggan akan kabur dan tidak akan kembali lagi dan warnet kita akan mengalami penurunan penghasilan atau dengan kata lain gulung tikar.

Tips dari saya jika anda berkeinginan mendirikan usaha warnet, lakukanlah studi kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mengetahui prospek usaha warnet anda dan selalu menjalankan faktor-faktor penting untuk menuju keberhasilan.

selamat mencoba....

6 comments:

Bro numpang tanya neh. untuk ruangan ukuran 5x3m,kira2 bisa berapa kompi?.. Thnxs

@ bae : mungkin untuk ukuran 3x5 bisa 10 kompi

Desain ruangannya gimana donk Bro?.. ada contoh g?.. klo untuk game online mungkin bisa,tapi untuk warnet biasa?...butuh privasi juga kn

kalau soal desain ruangnya melihat dari ukuran luas ruangan yang diatas, anda dapat memposisikan kom. client menghadap ke depan (berjajar ke belakang dari depan) dan posisi meja op meng hadap ke kom.client. untuk informasi selanjutnta anda dapat melihat bagian desain warnet di bagian blog ini. terima kasih

bro mau tanya ??
saya kan baru pemula
konsep di atas apakah sudah cukup untuk pemula bagi saya

@ martin : ya, konsep di atas memang baik buat seorang pengusaha khususnya pengusaha warnet yang baru seperti anda, kenapa karena tujuan di buatkan konsep ini adalah sebagai titik acuan membangun usaha ini..

Posting Komentar