22 Oktober 2010

Startegi Bisnis Sebuah Warnet


Dalam mengembangkan suatu usaha warnet pasti di butuhkan sebuah startegi usaha warnet, kenapa ? karena dalam usaha warnet pasti banyak persaingan (persaingan sehat) , contohnya sekarang di kota besar seperti tempat tinggal saya, dalam radius ± 500/300 m pasti terdapat sebuah warnet dan mereka pasti melakukan persaingan baik dari pelayanan, koneksi internetnya dan yang paling penting bagi pelanggan adalah harga/paket per jam-nya. Oleh karena itu saya rekomendasikan anda untuk mengunakan Startegi usaha sebuah warnet.
Strategi sederhana ini di bagi atas dasar 3 pemikiran bertahap yang bisa disesuaikan dengan situasi yang berjalan ataupun perubahan kondisi persaingan (asumsi warnet buka 24 jam).(http://jumper99.blogspot.com/)


1. Warnet baru - New comer
Perhitungkan jumlah pesaing anda dalam radius 500 m, rata-rata biaya rental/jam, fasilitas yang mereka miliki dan tingkat kecepatan koneksi internet mereka. lakukan strategi berikut ini :
- 2 minggu awal berlakukan tarif promo setengah harga dari harga umum
- sebarkan brosur promo dalam radius 1 km
- proteksi rental anda dengan antivirus, deep freeze dan install block
- service air mineral gratis khusus rental diatas 2 jam
- bersikap sopan, ramah dan akrab dengan pengunjung baru
- siapkan recehan (warnet baru biasanya belum terbiasa)
- siapkan selalu musik pengiring (mp3 dari server)

2. Warnet - Ready to compete
Persiapkan fasilitas tambahan, stock spare part dan amati strategi pesaing
- berlakukan tarif terendah/samakan tarif dengan pesaing anda
- berlakukan tarif paket (misal 1 jam/Rp.3000, 2/Rp.5000, 3/Rp.7000)
- berlakukan tarif happy hour diatas jam 11 malam (misal Rp.2000/jam)
- selalu tersedia soft drink, makanan ringan ataupun rokok
- check rutin tiap pagi all PC (langsung atau via server)
- pasang papan aturan warnet di tiap counter PC
- selalu siapkan 1 unit PC/monitor untuk stock darurat bila ada yang rusak
- survey 2 minggu sekali ke rental pesaing (via mata-mata)
- lakukan perubahan service dan menjaganya sesuai situasi

3. Warnet - Ready to chalenge
Situasi ini bila warnet anda dalam posisi di tekan persaingan ketat dan jumlah pesaing yang terus bertambah, ditambah nilai harga yang fluktuatif.
- ukur nilai aset yang anda miliki saat ini (PC, tempat, fasilitas)
- maintenance/perawatan berkala PC dan ruangan rental
- berlakukan semua point kedua diatas (warnet - ready to compete)
- buat sistem member bagi pelanggan reguler (berlaku diskon/free hour)
- tiap 3-6 bulan sekali lakukan perubahan setting ruangan (cat/dekor)
- periodik tertentu (misal 6 bulan) upgrade PC anda (webcam, monitor LCD dll)
- amati kenyamanan pengunjung (jenis musik pengiring, AC dll)

Selain strategi diatas mungkin ada faktor-faktor lain yang bisa menjadi penghambat, misalnya :
- sabotase pesaing dengan diam-diam memasukan virus lewat pc client
- sabotase teror pesaing lewat pengunjung palsu
- preman ataupun oknum polisi yang cari duit jatah
- pengunjung gratisan (kenalan anda/kenalan operator)

Satu catatan penting dari saya bagi yang akan berbisnis warnet, ingat aset paling potensial adalah lokasi warnet harus strategis karena itulah faktor utama anda bisa bertahan dalam mengembangkan usaha warnet..
Demikianlah sekilas tentang strategi usaha warnet yang coba saya gambarkan, semoga bermanfaat bagi para pengusaha warnet atau bagi anda yang baru memulai usaha warnet. Terima kasih.

Salam Sukses,

2 comments:

MANTAP SAYA SETUJU NICH ,,,INI MEMANG HARUS DI LAKUKAN KALAU MAU BERTAHAN DALAM USAHA WARNET,TAMBAHAN DIKIT DARI SAYA KECEPATAN ATAU SPEED INTERNET DAN SPECK KOMPUTER JUGA HARUS MANTAP, BIAR PELANGGAN PUAS KALAU BERMAIN GAME ONLINE TIDAK LAG DAN GAMBARNYA TIDAK PATAH PATAH,,,,

BRAVO
UJN-NET ( TANGGERANG )
PEB.2012

Poskan Komentar