16 September 2010

Memulai Usaha Warnet

dalam memulai usaha warnet kita harus tahu apa itu warnet.warnet kepanjangan dari warung internet yang merupakan usaha pelayanan jasa kepada orang lain untuk dapat berkomunikasi dan mencari informasi yang di butuhkan. langsung saja untuk memulai usaha warnet (warung internet)yang paling penting ,yaitu :

  • tempat/lokasi warnet

lokasi merupakan hal yang harus pertama diperhatikan dalam memulai usaha warnet, kenapa? karena kalau di lokasi tempat usaha warnet yang akan kita bangun tidak ada user/pelanggan maka warnet kita tidak akan laku atau dengan kata usaha warnet kita malah bangkrut. untuk memilih tempat warnet sebaiknya dekat dengan sekolah/perguruan tinggi, tempat ramai misal, cafe, mall dll. selain dari itu juga koneksi jaringan internet sangat di butuhkan oleh anak-anak sekolahan dan mahasiswa di antaranya untuk mencetak tugas, mengirim e-mail, mencari bahan tugas, skripsi dll.


  • komputer (hardware & software)


untuk memilih komputer sebaiknya di sesuaikan dengan budget dan tujuan warnet kita, maksudnya apakah warnet kita akan berinternetan saja atau dengan game online. kalau usaha warnet kita hanya berinternetan saja komputer yang spesifikasinya pentium III sudah cukup dan di tambah ram supaya tidak terlalu lambat. dan untuk game online spesifikasi komputernya lebih dari 2 - 3 jt per unitnya. selain memperhatikan hardware kita juga harus memperhatikan softwarenya apakah mau berbasis windows atau open source/linux (kalau menurut saya mengunakan open source atau linux tidak begitu familiar/dimengerti)

  • Internet Service Provider (ISP)
pemilihan ISP sangatlah penting dalam memulai uasah warnet, selain di lihat dari kualitas koneksi dan dalam kestabilannya menjadi suatu yang perlu di perhatikan. kalu di warnet kami yang sudah di bangun memakai ISP dari pt.telkom.
dan saya akan memberitahukan beberapa ISP yng ada di indonesia, klik disini


  • desain ruangan

selain memperhatikan tahapan sebelumnya untuk memulai usaha warnet, kita juga harus memperhatikan desain ruangan warnet kita supaya user/pelanggan/konsumen kita merasa nyaman dan betah . menurut saya setiap unit memakai sekat sudah cukup, asalkan monitornya tertutup. tetapi bila budget kita masih cukup sebaiknya di tambah fitur lainya seperti bantal duduk, warung kecil-kecilan dll.

  • pemasaran
apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka proses pemasaran dilakukan. ada banyak cara untuk melakukan pemasaran yaitu melalui media cetak (pamflet, spanduk/poster), media elektronik (radio,tv dan internet) dan media masa (koran).oh iya kalau soal harga kita harus memulai dengan harga promosi supaya pelanggan tertarik dan datang ke warnet kita

  • pelayanan
banyak konsumen kalau ingin pergi ke salah satu warnet pasti melihat dulu pelayananya, contohnya operator. operator atau sering di panggil OP adalah ujung tombak dalam sebuah / tempat usaha warnet karena semua isi dalam warnet di kendalikan oleh seorang OP. menjaadi seorang OP harus mempunyai keterampilan dalam bidang IT dan bukan itu saja seorang OP juga harus mempunyai etika dalam pelayananya .

oleh karena itu saya harapkan anda dapat memahami apa itu warnet dan bila anda membutuhkan instalasi jaringan warnet atau mempunyai pertanyaan atau kurang paham, anda bisa mengirim ke e-mail saya | achmad.moch@gmail.com | or | contact us |

0 comments:

Posting Komentar