16 September 2010

software-software penting untuk warnet

Kita sebagai pengusaha warnet apabila ingin menginstal beberapa aplikasi untuk komputer/pc warnet anda, maka dibutuhkan beberapa software penting untuk di instal di komputer/pc warnet anda. Disini saya akan membagikan pengetahuan saya bagi anda yang terjun ke dunia usaha warnet. Di bawah ini ada beberapa software penting , diantarnya :


Time billing/waktu penagihan
Software billing wajib ada pada suatu komputer server maupun komputer client
dengan mengunakan billing kita dapat melihat berapa lama komputer kita terpakai oleh user dan kita juga dapat pula melihat tarif harga yang harus di bayar oleh user.  untuk lebih lengkap mengenai billing anda dapat melihat nya disini.


Browser
Browser merupakan aplikasi yang sangat wajib ada di sebuah warnet, kenapa? karena browser merupakan aplikasi gerbang pertama yang bisa mengantarkan kita ke dunia maya. Aplikasi browser banyak macamnya diantaranya : IE, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome dan masih banyak lagi.


Office
Office atau dalam bahasa indonesia artinya kantor atau perkantoran adalah aplikasi yang kegunanya untuk mengolah data-data berupa pengolah kata, pengolah angka dsb yang di gunakan oleh user. Contoh dari Aplikasi ini adalah Microsoft Office, Open Office dan adobe reader

Photos and Images
Untuk mengolah gambar biasanya seorang operator warnet dituntut untuk bisa mengubah gambar sesuai dengan keinginan user. Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat merubah, memanipulasi, menambah dan menggabungkan gambar yang kita inginkan. Contoh dari aplikasi ini adalah adobe photoshop, corel draw , picasa dan masih banyak lagi.

Multimedia
Software multimedia merupakan aplikasi hiburan bagi usernya. dengan mengunakan aplikasi multimedia, user dapat mendengarkan musik, melihat video, bermain game dll. Contoh dari apliaksi multimedia adalah Winamp, Aimp, K-lite codec, realplayer, game house dll.

Anti virus
Software ini wajib di instal di komputer server maupun di komputer client mengingat bahwa dan karena komputer di warnet selalu dipakai oleh banyak orang oleh karena itu semua komputer yang ada di warnet wajib di instal antivirus . kegunaan antivirus adalah untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). meskipun tidak 100% bersih dari virus (http://id.wikipedia.org/)

Restore
Aplikasi restore adalah software yang berfungsi untuk mengembalikan sistem operasi komputer ke keadaan semula setelah melakukan restart, atau dengan kata lain membekukan sistem operasi komputer kita. contoh dari aplikasi ini adalah Deep Freeze

Deep Freeze, oleh Faronics, adalah sebuah aplikasi yang tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan sistem operasi SUSE Linux yang memungkinkan administrator sistem untuk melindungi sistem operasi inti dan file konfigurasi pada sebuah workstation atau server dengan mengembalikan komputer kembali ke yang asli konfigurasi asli setiap kali restart komputer. (http://en.wikipedia.org/

Tambahan saja, disini saya akan merekomendasikan kepada para pengusaha warnet untuk menggunakan software yang di rekomendasikan oleh pemerintah Indonesia.

Pemerintah Indonesia sudah lama menaruh perhatian kepada pengguna/user di Indonesia. Internet pada saat sekarang sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari hari. Internet mempunyai banyak kelebihan bagaikan sebuah perpustakaan yang tak ada ujungnya tetapi di sisi lain internet mempunyai isi-isi yang merugikan bagi pengunanya

Dengan menggunakan software penyaring situs-situs yang tidak bermanfaat, termasuk situs-situs asusila. Salah satu software yang direkomendasikan oleh pemerintah adalah “K9 web protection”. Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi link Depkominfo.

" Mari kita dukung program pemerintah ini dengan menggunakan dan mempromosikan software ini. Mulai dari anda, teman-teman anda, warnet di sekitar rumah anda, organisasi ataupun kantor tempat anda bekerja ".

Semoga bermanfaat



0 comments:

Posting Komentar