13 September 2010

mengelola usaha warnet

Dalam mengelola usaha warnet ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mengembangkan usaha warnet dari hal terkecil yang tanpa kita sadari itu merupakan kendala besar untuk perkembangan warnet yang kita kelola. 

Dalam mengelola usaha warnet pada prinsipnya adalah melakukan pemasaran bagaimana cara kita menganalisa kebutuhan atau keperluan pelanggan dan bisa memutuskan keinginan pelanggan secara cepat agar mereka puas terhadap pelayanan kita.

mengelola usaha warnet membutuhkan konsentrasi dan daya pikir yang baik dan bukan itu saja melainkan ilmu manjemen yang juga dikenal dengan istilah marketing mix.untuk menjalankan ilmu manajemen atau marketing mix kita mengenal dengan istilah 4P yaitu :
  • Produk
  • Penjualan
  • Pemilihan tempat
  • Promosi

produk

produk utama dalam mengembangkan usaha warnet adalah layanan koneksi internet (ISP), kita sebagai usaha warnet harus mempunyai warna yang berbeda dengan warnet tetangga atau lainya yang notabene mempunyai pelayanan koneksi internet dari prodak yang sama. Apa yang harus kita lakukan untuk membedakan prodak usaha kita dengan warnet lain? jika tidak ada usaha untuk membuat varian usaha warnet kita, jelas warnet kita akan ketinggalan sama sekali, tetapi jika kita membuat suatu usaha untuk memenuhi keperluan pelanggan maka usaha warnet kita akan berwarna dan semua pelanggan akan merasa senang dan betah untuk berkunjung ke warnet kita.
tips : Dalam memilih ISP jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, tetapi perhatikan kecepatan akses dan pelayanan untuk mendukung penyelenggaraan warnet.kecepatan akses sangat mempengaruhi harga jual warnet.

penjualan

Setelah kita memiliki  prodak selanjutnya mengelola harga jual. Dalam menentukan harga jual kita dapat memainkan dengan harga yang variabel yang akan menunjang harga varian prodak. Misalkan dengan pemberian harga diskon.
Pemberian harga diskon daoat kita lakukan dengan cara :
  • Multiple discount member yang artinya kita membuat membership secara berbeda dengan pertimbangan tingkat sosial dan ekonomi.
    • contoh : mahasiswa/pelajar, eksekutif member dll
  • discount hour
    • Contoh penggunaan internet dari jam 21.00 keatas dapat discount 10 %
  •  pemberian discount untuk penguna internet secara kelompok
    • datang tiga orang secara kelompok discount 10 %

pemilihan tempat

selanjutnya dalam memilih tempat yang bisa kita optimalkan adalah dari sisi kenyamanannya. Tempat sebuah warnet tidak perlu mewah dan mahal . kebersihan dan kerapihan adalah faktor yang sangat penting.
Hal hal kecil seperti rajin membersihkan keyboard, mouse dan monitor bisa jadi membantu meningkatkan posisi warnet di mata pelanggan.  Cobalah berpikir sebagai pelanggan pada saat-saat tertentu dan rasakan apakah warnet kita cukup memberikan kenyamanan bagi pelanggan kita?
Dalam memilih tempat usaha warnet anda dapat melihatnya di bagian blog saya disini dan untuk contoh gambarnya klik disini 

promosi

apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka proses pemasaran dilakukan. ada banyak cara untuk melakukan pemasaran yaitu melalui media cetak (pamflet, spanduk/poster), media elektronik (radio,tv dan internet) dan media masa (koran).oh iya kalau soal harga kita harus memulai dengan harga promosi supaya pelanggan tertarik dan datang ke warnet kita.

salam sukses,




0 comments:

Poskan Komentar